Jika ada link yang broken atau tidak dapat digunakan lagi, silahkan tinggalkan pesan anda di bawah postingan guna membangun weblog ini menjadi lebih baik. | Jika ada Serial / Patch / Crack / Keygen / License / Key yang tidak dapat digunakan lagi, silahkan tinggalkan pesan anda di bawah postingan.SUHNDY@GMAIL.COM/SUHNDY@YAHOO.COM/TLP:628388288180/28ebede4

Perhatian pengguna iPhone ! Apa itu SHSH ?

SHSH singkatan dari Signature HaSH. Kita mungkin sering mendengar istilah hash di operating system atau software. Hash sendiri adalah data untuk keamanan suatu software maupun os dimana hash mempunyai nilai unik yang digenerate oleh suatu algoritma. Biasanya hash ini dipakai untuk menghindari pembajakan, duplikasi software, dan proteksi agar aman. Makanya hash selalu berhubungan dengan kriptografi dan ekriptografi.

Apa itu SHSH di iPhone ?

SHSH di iPhone adalah sertifikasi dari server Apple yang dikirim ke iTunes untuk melakukan restore atau upgrade OS iPhone. Kode keamanan/kriptografi/sertifikat ini diberikan hanya ke pada satu iphone dan satu OS/firmware saja.

Misalkan OS iPhone kita saat ini berada di versi 4.0 maka Server Apple akan mengirimkan SHSH 4.0 untuk iPhone kita ke iTunes/komputer kita. Sertifikasi itu memaksa iPhone kita 'TIDAK DAPAT RESTORE' di versi OS yang sama dan mau tidak mau kita harus restore atau upgrade ke OS yang lebih tinggi (force upgrade OS).

SHSH ini harap diperhatikan terutama mereka yang mempunyai iPhone 3Gs dan iPhone 4 sebab server apple sangat intens memberikan SHSH untuk iPhone 3Gs dan iPhone 4 ini.

Kok bisa Apple server membaca iPhone yang berbeda ?


Kok bisa ya, padahal jumlah iPhone di dunia ini jutaan ya? Jawabannya adalah ECID yang dimiliki tiap iPhone. ECID (Exclusive Chip Identification number) adalah number dari chip tiap iPhone berbeda.

Saat kita akan me-restore iPhone, maka iTunes yang terhubung ke Apple me-request untuk merestore iPhone. Nah, saat permintaan itulah ECID kita terkirim ke apple server. Hal ini tetap terjadi walau firmware.ipsw ada di komputer kita. Kemudian Apple memberikan authorize ke iTunes kita sehingga dapat melakukan restore.

Mengapa Apple mengeluarkan SHSH ?

Tentunya untuk menghindari Jailbreak di OS baru dan menghindari downgrade ke versi OS yang lebih rendah yang dapat di-jailbreak. Dengan demikian si pengguna iPhone tidak dapat menggunakan aplikasi bajakan/cracked/pihak ketiga, dan akhirnya membeli semua aplikasi dari iTunes Apps Store.

Bagaimana menghindari SHSH ?

Kita tidak dapat menghindarinya ! Karena SHSH hanya berlaku untuk satu OS dan satu device saja, berarti yang dapat kita antisipasi adalah memiliki banyak SHSH untuk tiap OS device kita.

Bagaimana bisa ? Berkat jasa para hacker/cracker iPhone maka SHSH dari apple dapat kita simpan di server Cyda. Suatu saat kita mau downgrade atau restore kita dapat memakainya kembali.

Yang perlu diperhatikan adalah kita dapat melakukan grab SHSH ke Cydia dengan posisi OS kita saat ini. Jika saat ini kita berada di OS 4.0.1 tidak dapat SHSH di OS 4.0 atau versi sebelumnya karena sudah terlambat !

Contoh lain (saat ini kita di posisi 4.0.1 ): kita pernah grab SHSH ke Cydia di versi 3.1.2, 3.1.3, 4.0, 4.0.1, maka kita dapat memakai kembali SHSH versi 3.1.2 atau 3.1.3 atau versi 4.0 dan 4.0.1. Sehingga kita dapat dengan aman restore dan downgrade karena SHSH setiap versi sudah kita miliki dan disimpan di Cydia.

Sedangkan jika melalui Apple server langsung SHSH yang didapat untuk iPhone kita adalah yang terbaru (sesuai dengan OS terbaru) dan hanya satu SHSH. Untuk SHSH versi sebelumnya sudah tidak berlaku sehingga kita tidak dapat melakukan restore atau downgrade.

Cara menyimpan SHSH di server Cydia adalah menyimpan secara online. Berkat ide cemerlang para hacker/programmer iPhone file SHSH dapat juga disimpan secara offline dengan bantuan TinyUmbrella.

Bagaimana SHSH di Cydia bekerja ?

Yaitu dengan mengelabui iTunes ! mengecoh iTunes yang seharusnya memeriksa sertifikat SHSH ke server Apple tapi kenyataannya masuk ke Cydia server. File SHSH disimpan di Cydia server sehingga kita dapat mengambilnya kapanpun. Sedangkan jika melalui Apple server akan diberika SHSH terbaru dan memaksa kita untuk restore/upgrade ke OS terbaru.

Photobucket

Cara menyimpan SHSH blobs

Melalui Cydia online :

- pastikan iPhone terhubung dengan internet
- jalankan Cydia (tentunya Cydia ada setelah iPhone kita jailbreaked)
- tap "MAKE MY LIFE EASY"
- tunggu sejenak
- jika berhasil maka akan tampil seperti ini di Cydia kita (jika saat SHSH di cydia iPhone kita di versi 3.1.2) : ada tulisan 'This device has SHSHs on file for iPhone OS : 3.1.2"

Photobucket

Photobucket

Menggunakan TinyUmbrella (offline) :

Berkat ide cemerlang para hacker iPhone sebenarnya file SHSH dapat disimpan secara offline ke komputer kita dengan tinyumbrella.

- Download terlebih dahulu tinyumbrella disini
- hubungkan iPhone ke komputer
- jalankan tinyumbrella
- centang Advanced Option
- pada bagian 'requerst from' kita dapat memilih darimana kita akan mengambil sertifikat SHSH. Kita juga dapat mengambil SHSH dari Cydia jika kita pernah menyimpannya di cydia server. Atau dari server Apple langsung dengan posisi OS kita saat ini :

Photobucket

OK, mulai sekarang biasakan SHSH device kita karena apple akan selalu memeriksa SHSH device kita secara berkala. Dengan menyimpan SHSH di cydia atau di komputer kita akan memudahkan kita untuk melakukan restore, downgrade dan jailbreak kembali !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMEN ?...TLP:08388288180/SUHNDY@GMAIL.COM




Popular Posts

 
silahkan copy dan pasang diblog anda,jadikan bloging lebih bersahabat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...