Jika ada link yang broken atau tidak dapat digunakan lagi, silahkan tinggalkan pesan anda di bawah postingan guna membangun weblog ini menjadi lebih baik. | Jika ada Serial / Patch / Crack / Keygen / License / Key yang tidak dapat digunakan lagi, silahkan tinggalkan pesan anda di bawah postingan.SUHNDY@GMAIL.COM/SUHNDY@YAHOO.COM/TLP:628388288180/28ebede4

Memperbaiki Hardisk Dan Mengembalikan Data

Wkwkwkwkw judulnya muanthab banget, kaya orang dah bener-bener ahli aja. hohohoho Padahal cuman amatiran yang gak tau dengan teori cuman menang nekad doang. hammer Lagian disini ane cuman cerita pengalaman, yaah sapa tau dari cerita ini dapat bermanfaat.

Gini... gini... melanjutken tulisan yang ada diparagraf pertama, maka pada paragraf kedua isinya adalah sebagai berikut: Wkwkwkwkw kaya pejabat aja. hammer

Intinya gini, PC kakak saya tiba-tiba aja gak bisa masuk windows seperti biasanya, ada tulisan yang isinya kurang lebih menyataken bahwasanya booting via hardisk gagal, tapi di BIOS sih hardisknya masih kedetect. Naah makin membingungkan. Karena makin membingungkan kakak saya pun menjadi bingung, karena datanya belum ada satupun yang dibackup. Gimana gak bingung lah semua entah itu kerjaan, musik, foto, dll yang telah susah payah dikumpulkan selama bertahun-bertahun (alah lebay) ilang tak berbekas.

Meliat kondisi itu, tergeraklah hati saya untuk mencoba beraksi, hohohoho Langsung saya coba booting via live CD linux maupun windows, hasilnya nihil. Hardisk gak kedetect sama sekali. Karena tidak ada waktu untuk bingung, saya coba lagi menggandengkan hardisk yang bermasalah dengan hardisk satunya. Dimana hardisk yang bermasalah jadi slave. Ukkhhh tetep gak bisa juga, gak muncul di my computer. Tapi yang anehnya hardisk tersebut muncul di disk management, dengan status unlocated.

Busset dah, ntu status kan kalo ndak salah sama dengan status hardisk baru yah, yang masih gak ada partisinya sama sekali. Gila bener 4 partisi dalam hardisk 160 GB ntuh lenyap. Karena tak tahan lagi, akhirnya saya coba untuk minum kopi, dan tentu saja ditemani sama si racun rokok. hammer

Entah ilham mana (mungkin yusfik ilham kali temen saya di sekolahan) yang tiba-tiba aja datang tanpa berketok pintu, untuk mencoba menggunakan software Hiren's BootCD. Oke berhubung versi Hiren's BootCD ane jadul, ane coba donglod yang versi paling anyar, kebetulan sekarang versinya 11.1 silahken cek sendiri di situsnya http://www.hirensbootcd.net/download.html, kalo koneksi ke server luar lagi kenceng silahken di donglod siapa tau ntar membutuhkan, jadi ndak perlu pusing untuk downloadnya.

Oke... oke lanjut... Apa sih Hiren's BootCD ntuh? kok kayanya manthab banget... Kalo secara definisi yang bener-bener afdol sih ane gak tau, silahken cek sendiri di situsnya, kalo menurut saya sendiri sih artinya ntu merupakan kumpulan tools yang salah duanya bisa untuk memperbaiki hardisk yang bermasalah dan yang paling penting, tools tersebut dapat dijalankan via CD atau USB. Nah kumpulan tools, jadi ada banyak tools, cek sendiri aja yaa, lagi malas menyebutkannya satu per satu. pisss

Balik ke hardisk (jangan hardisknya dibalik), maksud saya, balik ke topik tentang nasib hardisk yang partisinya hilang sama sekali tersebut. Setelah Hiren's BootCD-nya saya burning ke CD langsung ane setting di bios biar first boot nya adalah CD. Setelah ntuh saya cek bad sector-nya. Kemudian ane repair bad sectornya (ternyata lumayan banyak juga tuh bad sectornya untung bisa diperbaiki), saya coba cek hardisk-nya lagi, dengan cara masuk ke windows. Uhhhh ternyata masih gak ke detect. Oke, asumsi saya sekarang bad sectornya udah bersih. Saya coba balikin datanya dengan menggunakan tools recovery (panduannya ada di bawah)

Nah di sini saya utak-atik dengan membaca petunjuknya, sumpah ane baru pertama kali juga pake Hiren's BootCD, dengan modal bahasa linggis yang kacau dan kenekadan karena penasaran. Alhamdulillah, 4 partisi yang menghilang muncul kembali. Setelah berhasil ditemukan oleh tools tersebut, 4 partisi tersebut saya write kembali ke disk (tulisannya gitu). Setelah ter-write dengan baik, muncul tulisan bahwasanya efeknya akan keliatan setelah saya restart. Oke saya restart dan masuk via windows mini bawaan Hiren's BootCD tersebut, eitttsss ternyata 4 partisi yang ilang tersebut dah muncul kembali. Hehehehehe Senang banget rasanya. Langsung deh data-data yang penting ane backup ke hardisk satunya (takut kalo terjadi apa-apa maksudnya).

Akhir kata, saya coba pasang jumper-nya dan masuk via hardisk bermasalah tersebut, daaannn bisa... Alhamdulillah, oiya hardisknya kedetect baru sama windows, jadi dia minta restart lagi. Oke deh saja penuhi permintaannya. Setelah restart, langsung saya check disk lagi, biar bener-bener aman. Hehehehehe

Kesimpulan dari cerita pengalaman di atas:
  1. Apabila anda mengalami hal serupa, dan di hardisk tersebut masih terdapat data yang penting, maka jangan langsung maen format semua atau langsung bikin partisi baru (iya kalo masih bisa dibikin baru lagi). Atau jangan langsung diyudisium biar dapet gelar almarhum. dicek dolo, pake beberapa tools yang tersedia di Hiren's BootCD siapa tau datanya bisa balik dan hardisknya masih bisa dipake.
  2. Kalo pengen coba oprek, siapkan dulu alat dan bahannya yaitu: Hirens BootCD (bisa di donwnload di situs resminya di sini), CD kosong (atau bisa juga pake flashdisk), hardisk yang bermasalah, hardisk yang bagus (ini digunakan untuk backup data kalo hardisk yang bermasalah tersebut bisa diperbaiki, pilihan ini optional), trus CD/DVD rom kalo ntar booting via CD/DVD.
  3. Kalo alat dan bahan sudah tersedia, jangan lupa berdoa.
  4. Eiitsss jangan lupa juga, kopi, cemilan, dan bagi yang ngerokok tak boleh ketinggalan rokoknya.
  5. Lama tidaknya proses perbaikan ini tergantung pada kecepatan baca dan tulis hardisk, dll. hehehehe banyak yang mempengaruhinya termasuk ketersediaan listrik.
  6. Oiya perbaikan disini dalam artian bukan karena FISIK hardisk, tapi lebih kearah rusaknya system hardisk disebabkan berbagai macam hal, entah virus, dll
  7. Cara yang saya lakukan, kurang lebih seperti ini:

    • Setting bios agar first booting via CD/DVD
    • Setelah masuk ke Hiren's BootCD, ntar pilih DOS Programs
    • Ntar banyak pilihan, nah disini saya pilih Testing Tools
    • Terus pilih lagi Test Hard Disk Drive 1.0
    • Biarkan aja, tunggu aja dia jalan otomatis kok. Hehehehehe
    • Pilih autoscan, ntar bakalan muncul pilihan drive mana yang pengen di scan, pilih aja harddisk yang bermasalah tersebut. Setelah itu pilih surface test. Tunggu aja mpe selesai.
    • Sambil nunggu jangan lupa kopi sama cemilannya dimakan, mumpung kopinya masih panas.
    • Kalo sudah selesai, pilih yang view defect list, habs itu repair deh
    • Nah dah yakin klo bad sector pada hardisk udah gak ada (kalo ada juga, yaa sudah ntar katanya berdasarkan referensi dari temen ane yang bad sector parah alias gak bisa direpair itu bisa dipotong dengan mengalokasinya pada partisi tertentu dan partisi itu jangan dipake lagi).
    • Oke, sekarang dah beres masalah bad sector, ane jamin insyaAllah partisi pada hardisk yang bermasalah belum terdeteksi (kaya punya ane). Kalo masih belum mari kita lanjutken dengan menggunakan tools selanjutnya.
    • Pilih view menu (kalo punya sampeyan ndak hang, bisa diakses dengan menekan tombol M), berhubung punya ane hang, langsung deh ane restart. Trus masuk lagi ke Hiren's BootCD ntuh (jangan lupa masuk ke DOS Program).
    • Sekarang kita pilih Recovery Tools, terus masuk ke TestDisk 6.12b
    • Sama seperti sebelumnya, tunggu aja sampe loadingnya selesai.
    • Nah, disini pilihlah create a new log file, yaa udah lanjutkan aja sendiri. hehehehe ntar kalo awalnya masih belum terdeteksi, coba lagi, sampe terdeteksi. Naah ntar ada pilihan write to disk (kalo semua partisi udah ketemu), yaa udah write aja. Maaf yaa panduannya gak lengkap soalnya agak-agak lupa, dan lagi malas masuk ke dos-nya lagi. hehehehehe.
  8. Gimana? udah lumayan kan? intinya sih di Hiren's BootCD ntuh banyak tools yang bermanfaat. Dicoba aja satu-satu, kalo bingung cari aja kegunaan tools nya di google insyaAllah nemu kok.
Sepertinya ceritanya dah cukup, lain kali kalo ada pengalaman baru tentang hardisk akan saya posting lagi.
love_cewek







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMEN ?...TLP:08388288180/SUHNDY@GMAIL.COM




Popular Posts

 
silahkan copy dan pasang diblog anda,jadikan bloging lebih bersahabat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...