Jika ada link yang broken atau tidak dapat digunakan lagi, silahkan tinggalkan pesan anda di bawah postingan guna membangun weblog ini menjadi lebih baik. | Jika ada Serial / Patch / Crack / Keygen / License / Key yang tidak dapat digunakan lagi, silahkan tinggalkan pesan anda di bawah postingan.SUHNDY@GMAIL.COM/SUHNDY@YAHOO.COM/TLP:628388288180/28ebede4

Cara Install Linux Ubuntu.....

Setelah mengucapkan perpisahan yang mendalam, kepada Windows dan ucapan terimakasih kepada Bill Gates, karena (mau-tidak mau) telah mengizinkan saya menggunakan produk original bajakannya sebagai primary OS di Laptop dan PC kakak saya. InsyaAllah kalo nanti saya punya duit berlebih dan mau menggunakan Windows lagi sebagai primary OS maka saya akan bener-bener beli lisensi-nya. hammersalaman Wkwkwkw becanda om bill jangan marah yaa...

Kembali ke topik mengenai instalasi ubuntu....

Sebelum memulai instalasi, sampeyan mesti punya dulu file-nya, entah donglod sendiri, beli, minta kirimin (gratis nih, serius ane dapat kirimannya), minta sama temen, dll.

Oke, misal dalam kasus ini sampeyan donglod file iso-nya. Ntar diburning dolo ke CD atau bisa juga di install pake flasdisk, terserah mana enaknya pokoknya sesuaikan kebutuhan.

Tempat donglod-nya sampeyan bisa mampir ke situs ubuntu-nya



atau mampir ke situs-nya kambing (server lokal, yang berdomisili di Indonesia maknyuuss pake link ini) linknya :

Halaman Depan:

http://kambing.ui.ac.id/

Daftar ISO (distro linux lainnya terkumpul di sini)
http://kambing.ui.ac.id/iso/


Ntu link bakalan masuk ke daftar iso, silahken pilih sesuai selera anda, ane sih pake Ubuntu 10.04 LTS aka Lucid. Terus donglod yang mana 32 bit kah atau 64 bit? Saran saya donglod 32 bit saja, karena processor yang 64 bit bisa menerima OS ini, tapi kalo donglod yang versi 64 bit, proccessor yang 32 bit gak bakalan akur.

Oke.... Kalo udah diburning atau disiapkan via flasdisk, maka saatnya kita masuk ke cara penginstallannya.

Ada berbagai cara, misal fresh install atau dual OS (berdampingan dengan OS-OS lainnya), dalam hal ini adalah Windows.

Sampeyan, tetapkan dolo, mau install fresh install atau mau dual OS, atau malah pengen live aja alias pake Ubuntu gak perlu instal-instalan.

Kalo sudah ditetapkan baru deh kita mulai instalasinya.

Pada dasarnya... ini pada dasarnya yaa... dalam penginstalan linux ini paling tidak membutuhkan 2 partisi yang mempunyai format ext2/3/4 (terserah mau yang mana, ane lupa apa perbedaannyahohohoho cari aja di om wiki kayanya ada tuh) dan swap. Jangan bingung dolo... santai saja...

Nah, jikalu sampeyan mau tes dual OS (ini pun ada dua cara, pake WUBI dan bikin partisi sendiri), kebanyakan cara ya... wkwkwkwkw hohohoho Tapi sungguh, banyaknya cara-cara ini sebenernya untuk kemudahan user juga dalam penginstalan, bukan untuk bikinnya tambah ribet. hohohoho
Sebenernya ada cuuaaraaa yang paling mudah, yakni bawa PC/Laptop sampeyan ke tukang service dan minta tolong installkan Linux, wkwkwkwkwkw tinggal siapkan 25 rebu tunggu 1 hari selesai tuh. weee

Laahh, cara diatas sering sampeyan kerjain, coba aja inget-inget, kalo kena virus trus anti virus gak sanggup untuk menghadapi dan memberantas ntu virus maka insyaAllah larinya ke tukang service, trus install ulang windows kan? Hehehehehe atau bisa juga minta tolong temen dikampus buat installkan windows. Nah sekarang gantian bawa aja ke tukang service atau temen terus minta installkan linux, hehehehe Kalo pake linux, insyaAllah gak ada virus yang masuk.
Tapi jikalau sampeyan udah bersikeras pengen nginstall sendiri, mari kita coba sambil belajar....

Saran saya.... jangan pake WUBI... tapi terserah lah, dalam tuts ini ane ndak menyertakan cara WUBI, mungkin nanti ane posting terpisah. Kali ini kita install dual OS dengan membikin partisi baru.

Persiapan
  1. 1 siung CD yang berisi installer ubuntu (pake flasdisk lebih maknyus loh, cepet selesainya, terserah mau pake yang mana)
  2. Siapkan juga kopi + cemilan + racun biar gak bosen manthab
Langkah Pertama
  1. Masukkan CD installernya
  2. Restart
  3. Masuk ke bios, kalo laptop ane teken F2 gak tau punya sampeyan, biasanya sih kalo PC tekan tombol Delete.
  4. Ubah first bootingnya ke CD ROM---cari sendiri yaa, biasanya berada di tab advance
  5. Save dan exit
Btw, untuk mobo keluaran baru kayanya sudah ndak perlu setting-setting BIOS, biasanya pada saat startup BIOS ada pilihan untuk botting pake apa. Di PC kakak saya tekan F12, gak tau di PC/Laptop sampeyan. Tinggal pilih CD ROM dan cari device-nya, yaa udah langsung booting dia.

Langkah Kedua
  1. Minum kopinya dolo, ntar keburu dingin gak enak lagi rasanya. weee
  2. Tungguin aja, sampe keluar tulisan, try ubuntu bla...bla..., dibawahnya ada tulisan install ubuntu. Naah pilih itu.
  3. Tungguin aja bentar... sambil minum kopi + cemilannya juga dimakan
  4. Pilih bahasanya, terserah mau bahasa apa... wkwkwkwkw weee
  5. Setting waktu
  6. Untuk keyboard pilih USA aja... hehehehehe
  7. Partisi Hardisk.... Eitsss, jangan bingung dolo...
    Disini ada beberapa pilihan yang mesti diperhatikan.

    Pilihan pertama kalo ndak salah "Install them side by side... bla...blaa", ini maksudnya biar kita bisa dual OS, ntar si ubuntu bakalan otomatis nyarikan+membuatkan partisi otomatis, jadi tenang aja. Hehehehehe.

    Kalo yang kedua kalo gak salah delete semua partisi (ini kalo gak salah yaa, hehehehe) Maaf kalo kurang update

    Yang ketiga ini, bikin partisi sendiri, naah saya suka pake ini.

    Upss... yang gampang pilih yang pertama aja, kan rencanya mau dual OS, hehehehe Nanti si Ubuntu bakalan milih partisi yang free space-nya paling gede, terus di resize deh sama dia. Tenang aja data aman tentram (tapi kalo saya pribadi sih, rasanya kurang puas pake ini, soalnya besaran partisiny bukan kita yang nentukan, langsung disiapkan si ubuntu)

    Naahh, kalo sampeyan mau pake cara ketiga, oke gak apa-apa... ane jelasin dikit. Pada posisi ini sampeyan akan dihadapkan pada list partisi yang sudah ada di PC/Laptop sampeyan. Cara ini enaknya sampeyan harus sudah punya free space (belum di format sama sekali), jadi lebih gampang. Kalo sudah diformat semua, dan tidak ada yang free space dan sampeyan pilih sembarang tempat dan sampeyan format maka hasilnya adalah sampeyan akan kehilangan semua data.

    Jadiiiii sebaiknya nih... sampeyan udah alokasikan dulu partisi yang pengen di delete, jadi semua data-data disana udah di backup duluan, jadi tinggal bikin ulang partisinya. Gitu bro... Ntar kalo mau bikin ulang jangan lupa untuk ext2/3/4 pilih primary trus pada pilihan mount point pilih tanda ini /. Kemudian partisi yang kedua adalah swap, tinggal siapin aja, sizenya? biasanya 1,5 kali jumlah RAM kita (tapi terserah, berhubung sekarang RAM udah pada gede, jadi kayanya swap-nya gak perlu gede-gede juga, kalo saya besarnya 1024 mb saja), hehehehehe

    Nah biar afdol lagi, bisa juga kita bikin 1 lagi partisi yang ngemount /home, jadi semua data-data kita ntar gak ikut kehapus kalo seumpanya ini OS mau di install ulang. Besarnya? yaa terserah saja. Sama ibaratnya kalo di windows kita bikin partisi local disk D/E/F,dll kan sistem windowsnya berada di local disk C, jadi data-data selain disitu ndak ikut hilang. Gitu ceritanya. hehehehehe Tapi ini optional aja kok, mau dibikin boleh gak dibikin juga boleh.

    Ok, kalo sudah ditentuin partisi-partisinya baru deh klik di partisi yang ngemount /, terus klik install. Tungguin aja.....

    Kesimpulannya? Untuk penginstalan yang gak repot, pilih yang pertama aja, wkwkwkwkwkwkw hohohoho
  8. Isi nama anda, password dan beragam pertanyaan lainnya. (passwordnya diingat yaa, ini suangat penting nanti)
  9. Oiya, ntar ada pertanyaan lagi, isinya sih kurang lebih mau menanyakan pilih boot, naah disini kalo gak salah pilih yang ada tulisan yang artinya, ntar kalo startup muncul pilih OS, mau pake yang mana. Gitu, hehehehehe Sori kalo agak ambrudul, soalnya lupa bikin skrinsut, lagian di ubuntu baru belum saya install virtual machine, hehehehehe ntar kalo udah beres semuanya (sambil nunggu dvd repo ubuntu dolo) saya update nih postingan.
  10. Siap install???? Siap dunk.....
  11. Yaaa udah santai aja lagi..
Langkah Ketiga....
  1. Nahh fresh banget kan hasilnya... yaah dicoba-cobain aja dolo... ntar kita oprek sedikit demi sedikit.
  2. Berbeda dengan Windows? Yups beda, untuk start menu biasanya kan ada di pojok kiri bawah, naah kalo di ubuntu ada di kiri atas. hehehehe Trus kaya tanda close ada di sebelah kiri (versi sebelumnya gak kaya gini) kalo di windows kan sebelah kanan, tapi tenang aja bisa di ubah kok.
  3. Cek dulu semua hardware-nya bisa jalan atau gak, misal kaya sound bunyi atau ndak, LAN, Wireless, bluetooth, dll Cek dolo lah, biar afdol kata orang ntu. hehehehehe Kalo ada yang gak jalan? Nah baru kita oprek... hehehehehe Oiya kalo di windows khususnya XP kan kita mesti install driver kan, kalo di ubuntu dia bisa langsung mengenali jadi ada sebagian yang langsung jalan. Naah kalo di Laptop saya dan PC kakak saya, alhamdulillah lancar jaya. Hehehehehe Cuman untuk VGA saya mau lebih, jadi mesti install VGA bawaannya NVDIA dolo. Ntar aja kita bahasnya, yang penting tampilan sudah terasa sangat halus, licin, kaya sabun. hohohoho
  4. Sama seperti windows juga, aplikasi-aplikasinya masih gak ada kan? Paling aplikasi standart aja, notepad, IE, kalo mau ngetik mesti install Mikocok Office dolo, dll. Kalo di Ubuntu udah siap untuk dipake, wkwkwkwkw Cuman untuk mp3 kayanya mesti di donglod dolo plugin-nya biar bisa denger lagu-lagu bajakan. Wkwkwkwkw hohohoho
  5. Hmmm.... apalagi yaa... untuk tahap ini selesai dah...
Oke untuk selanjutnya kita mulai menyetting dan menambahkan aplikasi-aplikasi yang dirasa perlu untuk kepentingan bangsa dan negara, hehehehe gak nyambung.... intinya biar ubuntu kita enak dipake dan kita betah memakainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMEN ?...TLP:08388288180/SUHNDY@GMAIL.COM




Popular Posts

 
silahkan copy dan pasang diblog anda,jadikan bloging lebih bersahabat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...